Di tengah wabah COVID – 19 ini membuat ekonomi masyarakat menjadi merosot, bisnis – bisnis hingga usaha kecil yang banyak terkena dampak nya, Bahkan banyak usaha yang gulung tikar karena tidak mampu bertahan di tengah pandemi yang kian menyiksa dan menekan ekonomi masyarakat ini. Tidak banyak yang dapat mereka lakukan.

Peran pemerintah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, di tengah kondisi yang sangat melilit ini. Membuat para pemerintah harus bisa untuk memutas otak, bagaimana cara mengatasi wabah corona hingga kelangsungan hidup masyarakat. Bantuan – bantuan yang diulur kan oleh pemerintah seperti uang tunai, token listrik, sampai dengan pulsa.

Bantuan – bantuan yang diberi kan oleh pemerintah ini terus berjalan dan akan terus dilakukan. Ini dia bantuan pemerintah untuk para masyarakat di Indonesia yang terkena dampak dari wabah COVID – 19.

1.Kartu Prakerja

Bantuan yang diberi kan di tengah wabah COVID – 19 yang pertama ini adalah kartu prakerja. Orang yang menerima kartu prakerja ini akan menerima bantuan sebesar Rp  3.550.000 selama melalui program.

Kartu prakerja ini adalah program pengembangan komptensi yang diberi kan kepada orang yang sedang mencari kerja sampai dengan pegawai atau buruh yang terkena dampak dari pemutusan hubungan kerja (PHK).

Bantuan yang diberi kan pemerintah ini didalam nya ada bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, yang di mana tidak dapat dicair kan (biaya ini khusus untuk pelatihan), insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan nya selama empat bulan, dan insentif survey kebekerja an sebesar Rp 150.000.

Uang yang diberi kan ini akan di terima oleh orang – orang dengan berkala dari sebelum sampai dengan pelatihhan kerja yang sudah selesai dilakukan. Lalu, terdapat juga ketentuan – ketentuan yang harus di lengkapi bila ingin mendaftar program ini, dan ada juga Warga Negara Indonesia (WNI), dengan umur minimal nya itu 18 tahun dan lagi tidak mengikuti pendidikan formal.

Bila ingin mengetahui informasi lebih lanjut  dan ingin melakukan pendaftaran dapat di lihat di resmi Prakerja.go.id.

2.Bantuan UMKM

Bantuan yang diberi kan di tengah wabah COVID – 19 yang ke dua ini adalah bantuan UMKM.  Bantuan ini memberikan dana sejumlah Rp 2,4 juta yang akan disalur kan dalam satu kali transfer melewati rekenin pelaku UMKM yang sudah di catat.

Ada juga bank yang menjadi penyalur yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI). Penyaluran bantuan ini diperguna kan untuk modal tahun pertama kepada penerima manfaat sudah dilakukan.

Walaupun begitu, terdapat beberapa syarat yang harus dilengkapi untuk para UMKM seperti para pelaku usaha yang adalah WNI, memiliki Nomor Induk Kependudukan (KTP), mempunyai bisnis mikro yang dapat dibukti kan dengan keberadaan surat usulan dan pengusul lampiran nya, bukan ASN, TNI atau Polri, atau pegawai BUMN  atau BUMD.

Pengajuan pelaku usaha dapat dilakukan dengan lembaga pengusul yang diberi kan wewenang, lalu data diverifikasi dan di validasi oleh Kementrian Koperasi dan UKM dengan Kementerian Keuangan dan OJK.

3.Subsidi Gaji         

Bantuan yang diberi kan di tengah wabah COVID – 19 yang ke tiga ini adalah subsidi gaji. Pemerintah akan memberi aturan untuk pegawai swasta yang gaji nya kurang dari Rp 5 juta dan aktif di BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan yang akan diberika adalah uang sejumlah Rp 600.000 per bulan nya. Total yang akan di terima adalah Rp 2,4 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *