Indonesia adalah surga pulau dan kepulauan di dunia, bagaimana tidak? Indonesia memiliki setidaknya ada 17.504 pulau dari Sabang hingga Merauke. Indonesia adalah negara terkaya untuk persoalan hutan,perairan dan budaya. Kali ini kamu akan di ajak travelling mengitai trio Gili yang ada di timur Indonesia, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Kali ini kita akan membahas Gili Trawangan terlebih dahulu ya. Gili Trawangan adalah pulau kecil yang sangat eksotis memanjakan mata yang terletak di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) atau lebih tepat nya di Desa Gili Indah, Kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Akses  menuju Gili Trawangan bisa dengan perahu motor dari Lombok dan juga kapal cepat dari Bali.  

Untuk kalian yang ingin melihat atau menyaksikan Sunrise dan Sunset, disinilah tempat terbaik,karena Gili Trawangan mempunyai pantai yang menghadap timur dan barat dengan jarak dekat.  Di Gili Trawangan juga tidak akan ada polusi udara,karena peraturan disana dilarang memakai kendaraan, jadi orang-orang disana hanya memakai sepeda, sepeda listrik dan delman,sudah pasti bertujuan untuk tetap mengindahkan suasana dan udara agar tetap terjaga selalu segar dan bersih. Di sini pun terdapat terumbu karang biru langka yang biasa disebut blue coral.

Kamu pun bisa melakukan aktivitas menyenangkan selama di Gili Trawangan diantaranya seperti Watersport, diving, snorkeling, wisata naik kuda, cycling.

GILI MENO

Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari.

Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami.

Untuk mencapai Gili Meno, wisatawan bisa menumpang kapal dari Lombok atau Gili Trawangan. Mengawali hari di Gili Meno dengan berburu terbitnya matahari di titik terjelas,adalah Jetty Bar, yang letaknya di sisi timur pulau. Di Gili Meno kita dapat jalan jalan mengelilingi pulau untuk menikmati alam danp emandangan yang memanjakan mata dan jiiwa. Kita juga pastinya bisa dan harus menikmati pantai yang ada di Gili Meno, karena pantai di Gili Meno adalah pantai paling terbaik di kepulauan Gili. Snorkeling,karena air lautnya super jernih dan banyak ikan dan penyu yang ada, tidak bisa kita melewatkan snorkeling disini,juga kita bisa diving untuk melihat terumbu karang yang indah dan utuh.

Selain diatas semua, di Gili Meno juga terdapat penangkaran penyu dan taman burung yang juga bisa kita nikmati bersama-sama teman atau keluarga.

Dan yang lebih mengejutkan, di bawah laut Gili Meno terdapat 48 patung,tetapi patung  ini bukan untuk foto-foto bawah laut, tapi diciptakan untuk mengembangbiakkan terumbu karang.

Patung-patung ini di ciptakan oleh seorang pemahat bawah air yang handal, Jason deCaires Taylor. Patung ini memiliki nama Nest yang dibuat melingkar dan mempunyai makna lingkaran kehidupan. Patung-patung manusia bawah laut ini sendiri hanya berada 13 kaki dari atas permukaan, sehingga para penyelam tak perlu merasa takut karena kedalamannya.

GILI AIR

Gili Air adalah pulau yang paling dekat dengan Lombok. Suasana disini seimbang,tidak ramai dan tidak terlalu sepi juga, cocok untuk kamu yang ingin refreshing kan diri,pikiran dan jiwa nih.

Di Gili Air terdapat banyak fasilitas seperti sistem transport,kafe,bar,tempat ibadah dan restoran.

Hal yang tidak boleh kamu lewatkan disini adalah berjemur, bersantai , diving dan snorkeling karena kamu pasti tidak akaj mau menyia-nyiakan pemandangan bawah laut yang super indah dan jernih.

Kamu akan mendapati banyak jenis terumbu karang yang masih asli dan asri, banyak jenis ikan laut yang indah dan rumput laut yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *