Yordania adalah negara yang berbatasan dengan Arab Saudi di timur dan tenggara, Irak di timur-laut, Suriah di utara dan Tepi Barat dan Israel di barat. Yordania adalah salah satu negara yang memiliki banyak sejarah yang bisa kita pelajari dan kita telusuri, banyak bangunan di yordania yang masih utuh tidak pernah berubah sama sekali sejak pertama di bangun. Contoh nya seperti petra. Di Yordania juga kita bisa travelling backpacker atau solo travelling dengan menggunakan pemandu atau tour guide. Disini juga adalah tempat para pelancong dan traveller ber travelling karena lokasi nya yang sangat khas dan unik. Berikut akan di paparkan, apa saja yang patut kamu kunjungi bila ingin berkunjung ke Yordania :

lokas khas dan unik Yordania

•             Petra

Petra adalah sebuah situs arkeologikal di Ma’an, di Yordania. Tempat ini terkenal dengan bangunan arsitektur yang dipahat pada bebatuan serta sistem pengairannya. Diperkirakan dibangun pada awal tahun 312 sebelum masehi, sebagai ibu kota dari Nabath, yang sekarang menjadi simbol dari Yordania, dan juga menjadi tempat kunjungan favorit para turis.Tempat ini terletak pada yang terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung Gunung Hor yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Petra yang pernah jadi ibukota Kerajaan Nabataen ini telah dinobatkan jadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada 2007.

•             Laut Mati / Dead Sea

Laut mati adalah danau yang membujur di daerah antara Israel, Palestina dan Yordania.Di 417,5 m di bawah permukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi.Laut mati terletak pada perbatasan antara Yordania dan bagian barat Palestina, laut mati memiliki titik terendah di bumi pada 400m di bawah permukaan laut. -Secara geologi laut mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai Yordan  di mana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Garam, kapur dan gipsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi. Danau ini dinamakan laut mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan dalam air garam ini.Laut mati memiliki kandungan garam tertinggi dari seluruh laut di dunia.Kadar garamnya sekitar 32 % dibandingkan terhadap kadar garam rata-rata 3% pada Laut Tengah atau Mediteranian.Sejak dulu material yang terdapat dalam laut mati diketahui mempunyai efek untuk mempercantik kulit.Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasi darah dan dapat membantu kesehatan.

•             Roman Theater

Gedung teater yang satu ini memiliki ukuran cukup besar dan curam. Lokasi yang dapat menampung sampai dengan 6000 penonton ini pembuatannya dilakukan kala pemerintahan dari Marcus Aurelius yaitu pada tahun 169-177 Masehi.

Roman Theater terbagi menjadi  3 daerah horizontal. Pertama daerah pintu masuk yang ada di lantai dasar, yang kedua adalah daerah yang hendak menuju ke orchestra, dan yang ketiga adalah untuk panggung. Kamar yang ada di balik pintu kini difungsikan sebagai Museum Tradisional Yordania pada salah satu sisinya, dan untuk sisi lain terdapat juga Museum Rakyat Yordania. Kalau kamu ingin menikmati berbagai pertunjukkan disini, maka sebaiknya kamu datang pada bulan Juli atau Agustus ya!

•             Hercules Temple

Kompleks bersejarah ini terdiri dari Kuil Hercules, gereja Byzantine, serta reruntuhan masjid dan ruang tunggu para khalifah. Dari reruntuhan ini saja, tampak kebesaran kerajaan-kerajaan tersebut. Tampak pula potongan tangan patung sebesar sofa satu dudukan, yang diduga bagian dari patung Hercules.Kuil Hercules didirikan pada masa pemerintahan dan kekuasaan salah satu kaisar Romawi yakni kaisar Marcus Aurelius. Lokasi kuil Hercules ada di Citadel, Amman. Kuil Hercules yang menghadap timur ini dari ukurannya memang lebih besar daripada kuil-kuil Romawi lainnya, tinggi pilarnya sekitar 33 kaki lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *