“Dari sabang sampai merauke berjajar pulau-pulau”, itu lah sepenggal lirik dari lagu Dari Sabang sampai Merauke. Kamu pasti tau kan,bahwa Indonesia adalah surganya pulau dan bahari dunia. Di timur Indonesia juga terdapat banyak sekali hidden gem yang sebenarnya jika kita mengeksplor ,kita akan mendapati “berlian” itu. Nah daripada berbasa – basi, mari kita ulas satu – satu hidden gem yang terdapat di timur Indonesia.

Luwuk-Banggai

Tempat wiisata di Luwuk Banggai jarang sekali terekspos di Internet. Padahal, Luwuk-Banggai memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata domestik lainnya. kecamatan Luwuk memiliki wilayah seluas 72,82 km² dengan kondisi geografi berbatasan dengan laut dan dikelilingi perbukitan dengan ketinggian mencapai 170 mdpl. Di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai,terdapat beberapa destinasi tersebut ialah Bukit Teletubbies, Pulau Dua, dan juga Pantai Kilo Lima. Baik Banggai Kepulauan atau Banggai Laut memiliki banyak spot diving dan snorkeling. Kamu juga bisa mengunjungi Pantai Bongo, Pantai Pasir Putih, Pantai Labuan, dan Pulau Bongo.

Pulau Labengki

Kepulauan Labengki disebut sebagai miniatur Raja Ampat di Sulawesi. Kepulauan yang terdiri dari 5 pulau besar (Labengki Besar, Labengki Kecil, Alnamira, Tukoh Kulay dan Mauang) ini menawarkan keindahan pantai, kerjenihan air laut, laguna tosca, gua, dan teluk. Di tempat ini,kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang menarik dan sangat cantik. Disini juga, kamu bisa berenang dan melakukan aktivitas lain di sekitar pantai seperti snorkeling.

Teluk Cendrawasih, Papua

Taman Nasional ini memiliki beberapa ekosistem seperti terumbu karang kurang lebih 5,5% yang mampu memukau mata, Pantai-pantai cantik seluas 0,9%, Mangrove dan hutan Tropika serta pulau-pulau yang berjumlah 3,8%. Dan selebihnya adalah perairan lautan seluas 89,8%. Sudah bisa dibayangkan bukan keindahan kawasan ini. Dengan total luas wilayahnya mencapai 1.453.500 ha.

Taman nasional ini terletak di Teluk Cenderawasih, provinsi Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cenderawasih meliputi pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yoop.Jenis-jenis karang yang dapat dilihat antara lain koloni karang biru, karang hitam, famili Faviidae dan Pectiniidae, dan berbagai jenis karang lunak.

Disini pula terdapat empat jenis penyu yang sering mendarat di taman nasional ini yaitu penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, dan penyu belimbing. Duyung, paus biru, lumba-lumba, dan hiu sering terlihat di perairan Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini. Di Taman nasional ini pun terdapat beberapa pulau indah yang juga bisa kamu kunjungi, antara lain :

Pulau Rumberpon

Lokasi Pengamatan satwa (burung), penangkaran rusa, wisata bahari, menyelam dan snorkeling, kerangka pesawat tempur Jepang yang jatuh di laut.

Pulau Nusrowi

Menyelam dan snorkeling, wisata bahari, pengamatan satwa.

Pulau Mioswaar

Sumber air panas, air terjun, menyelam dan snorkeling, pengamatan satwa dan wisata budaya.

Pulau Yoop dan perairan Wondesi

Pengamatan ikan paus dan ikan lumba-lumba.

Pulau Roon

Tempat Pengamatan satwa burung, menyelam dan snorkeling, air terjun, wisata budaya, dan gereja tua.

Danau Sentani (Lake Sentani)

Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua.Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini.Di danau ini terdapat 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani yaitu ikan gabus Danau Sentani, ikan pelangi Sentani, ikan pelangi merah dan hiu gergaji.

Danau Sentani kaya akan beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar. Danau Sentani juga dijadikan lokasi wisata untuk berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air serta wisata kuliner.

Teluk Kabui

Inilah ikon Teluk Kabui. Batu karst runcing setinggi kurang lebih 12 meter .Teluk Kabui berada di wilayah perairan Pulau Waigeo dan dapat ditempuh dari Waisai, Ibu Kota Raja Ampat. Disini kamu bisa mencapai teluk ini dari pelabuhan Waisai, yang merupakan ibukota dari Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.Di Teluk Kabui Raja Ampat kamu akan disuguhkan pemandangan indah berupa puluhan karang cantik yang tersebar di sekitar teluk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *