Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi di Indonesia yang meliputi bagian timur Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi ini beribu kota di Kupang dan memiliki 22 kabupaten/kota. Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat. Di NTT terdapat banyak sekali surga tersembunyi, mulai dari yang terkenal hingga lokasi yang memang belum terjamah oleh banyak orang dan keindahannya masih tetap elok. Siapa sih yang tidak mau travelling ke NTT? Semua orang pasti ingin kesana, karena di NTT adalah salah satu daerah dengan kekayaan alam nya yang sangat sangat luar biasa . kira – kira apa saja sih? Yuk kita simak!

LOKASI INDAH NTT

1.Pulau Komodo

merupakan hewan purba yang masuk dalam keajaiban dunia dan sangat dilindungi. Dan Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong. Pulau Komodo juga di nobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang. Selain melihat langsung habitat komodo, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pulau, perbukitan, savana, dan pastinya pantai-pantai yang menawan.

2. Pink Beach

Pantai Pink Labuan Bajo berada di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Karena pasir pantai yang berwarna pink, itu sebabnya pantai ini dikenal dengan nama “Pink Beach”. Warna pink nya berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai.Disini, kamu bisa snorkeling disuguhkan berbagai macam terumbu karang dan spesies ikan. Ada aturan untuk mengunjungi Pink Beach, yaitu kapal tidak boleh mendekati bibir pantai. Hal tersebut bertujuan agar keadaan koral tetap baik. Dan jangan kaget jika kamu tiba-tiba bertemu dengan komodo, karena memang pulau ini adalah habitat aslinya. Kamu tetap harus hati-hati ya jangan sampai komodo menyerang kamu, karna meskipun pergerakan nya lambat, komodo alah hewan yang termasuk mematikan.

3. Danau Kelimutu

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu.Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter.

•             Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Merupakan Danau yang paling luas memiliki luas sekitar 5,5 hektar dengan warna khas hijau lumut kebiruan jika dilihat dari jauh ketinggian.

•             Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Luas 4 hektar menjadikannya danau yang paling kecil dengan kedalaman dangkal 64 meter.

•             Danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal dengan luas danau 4,5 hektar.

4.Labuan Bajo

Bagi kamu pencinta keindahan laut, Labuan Bajo memiliki surga bawah laut yang wajib kamu kunjungi. Yap, tatanan batu karang serta hewan laut yang indah membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kamu bisa snorkeling atau diving di beberapa titik di Labuan Bajo. Samsia, misalnya. Di sana kamu tak hanya melihat keindahan lautnya saja, tapi kamu berinteraksi langsung dengan kura-kura, bahkan hiu.  Ada pula titik menyelam lainnya, mulai dari Toko Toko dan Crystal Rock. Selain itu, ada pula lokasi diving yang terkenal, yaitu Manta Point. Jika beruntung, kamu bakal melihat ikan pari-pari besar. Labuan Bajo karena destinasi itu memliki pulau-pulau yang eksotis. Pertama adalah Pulau Padar. Lokasi ini menjadi primadona bagi siapa pun yang datang ke Labuan Bajo. Perbukitan yang dikelilingi laut biru yang sangat cantik ini biasanya dijadikan lokasi untuk menikmati matahari terbit oleh banyak wisatawan.

Selain itu, ada Pulau Rinca. Ini menjadi salah satu pulau paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya, pulau itu merupakan habitat dari dari hewan Komodo. Jadi, belum lengkap rasanya menikmati wisata Labuan Bajo kalau belum melihat komodo secara langsung. Di Pulau Rinca kamu bisa merasakan pengalaman bertemu komodo dan melihatnya dari dekat.

                5. Pantai Nihiwatu

                Pantai ini terlihat begitu sempurna meski membutuhkan waktu tempuh yang cukup panjang untuk dapat mencapai lokasi, tetapi semuanya akan terbayarkan dengan keadaan air lautnya yang jernih, pasir pantainya yang bersih, dan suasana saat tenggelamnya matahari yang terlihat sangat indah.

Selain yang di sebutkan diatas, ternyata NTT masih banyak menyimpan surga alam nya yang tak kalah indah nya seperti :

Semana Santa di Larantuka

Rumah adat dan pasola di Pulau Sumba

Penyelaman di Pulau Alor

Pantai Nemberalla di Rote Ndao

Pantai Pink di Pulau Padar

Rumah Adat di Kampung Bena, Bajawa-Kabupaten Ngada

Taman Wisata 17 Pulau di Riung, Kabupaten Ngada

Taman Wisata Air Panas Mengeruda Soa, Bajawa- Kabupaten Ngada

Kelabba Madja di Sabu Raijua

Tradisi berburu Paus di Lembata

Rumah Adat Wae Rebo di Manggarai

Kampung Adat Bena, di Bajawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *