Indonesia yang kaya raya ini menyimpan jutaan surga tersembunyinya. Dari sabang sampai merauke, tak ada yang tak indah. Warisan pada ibu pertiwi ini adalah kuasa atas kemahsyuran tuhan yang maha esa. Hal yang tak luput dari perhatian publik untuk tinjauan lokasi wisata adalah salah satunya terdapat di pulau sumatera. Pulau sumatera adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km². Penduduk pulau ini sekitar 57.940.351 (sensus 2018). Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa (bahasa Sanskerta, berarti “pulau emas”). Dalam sektor ekonomi, Pulau Sumatra merupakan pulau yang kaya dengan hasil bumi. Dari lima provinsi kaya di Indonesia, tiga provinsi terdapat di pulau Sumatra, yaitu provinsi Aceh, Riau dan Sumatra Selatan. Hasil-hasil utama pulau Sumatra ialah kelapa sawit, tembakau, minyak bumi, timah, bauksit, batu bara dan gas alam. Hasil-hasil bumi tersebut sebagian besar diolah oleh perusahaan-perusahaan asing. Tempat-tempat penghasil barang tambang ialah:

•             Arun                                                                      (Aceh), menghasilkan gas alam.

•             Pangkalan Brandan                                         (Sumatra Utara), menghasilkan minyak bumi

•             Duri, Dumai, dan Bengkalis                          (Riau), menghasilkan minyak bumi.

•             Tanjung Enim                                                     (Sumatra Selatan), menghasilkan batu bara.

•             Lahat                                                                     (Sumatra Selatan), menghasilkan batu bara.

•             Plaju dan Sungai Gerong                               (Sumatra Selatan), menghasilkan minyak bumi.

•             Tanjungpinang                                                  (Kepulauan Riau), menghasilkan bauksit.

•             Natuna dan Kepulauan Anambas              (Kepulauan Riau),  menghasilkan minyak bumi dan gas alam.

•             Singkep                                                                (Kepulauan Riau), menghasilkan timah.

•             Karimun                                                               (Kepulauan Riau), menghasilkan granit.

•             Indarung                                                              (Sumatra Barat), menghasilkan semen.

•             Sawahlunto                                                        (Sumatra Barat), menghasilkan batubara.

Keindahan alam tentunya tidak luput dari pembahasan seperti laut, pantai, hutan dan gunung. Berikut dalah Gunung-gunung di Sumatra yang berketinggian di atas 2.500 meter dpl

•             Gunung Bandahara,        Aceh                                      (3.030 m)

•             Gunung Dempo,              Sumatra Selatan               (3.159 m)

•             Gunung Geureudong,   Aceh                                      (2.885 m)

•             Gunung Kerinci,                Jambi                                    (3.805 m)

•             Gunung Leuser,                Aceh                                      (3.172 m)

•             Gunung Marapi,               Sumatra Barat                   (2.891 m)

•             Gunung Perkison,            Aceh                                      (2.828 m)

•             Gunung Singgalang,        Sumatra Barat                   (2.877 m)

•             Gunung Talamau,            Sumatra Barat                   (2.912 m)

•             Gunung Talang,                Sumatra Barat                   (2.597 m)

lokasi wisata pulau sumatera yang tak kalah menarik dan indah

1.Taman Nasional Way Kambas

Siapa yang suka dengan gajah? Ya, datang lah ke taman nasional way kambas di lampung. Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah. Di Taman Nasional Way Kambas ini terdapat hewan yang hampir punah di antaranya Badak sumatera, Gajah Sumatra, Harimau sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit, Kijang, Tapir, Rusa dan Beruang Madu. Jenis-jenis primata seperti lutung, Owa, siamang, dan lain-lain. Di bagian pesisir sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya

2.Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. elain terkenal dengan keunikan budaya yang masih terjaga, Mentawai mempunyai pesona pantai yang eksotis dan ombak-ombaknya yang cantik. Posisinya yang langsung menghadap Samudera Hindia membuat kepulauan ini memiliki ombak besar yang konsisten sehingga menjadikannya surga bagi para Perselancar dunia dan masuk jajaran Ombak terbaik dunia.

3.Danau Kaco

Danau Kaco merupakan danau yang terlentak di Kabupaten Kerinci,Jambi. Tepatnya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan situs warisan UNESCO. Danau Kaco memiliki keunikan yang khas yang jarang dimiliki oleh danau-danau lain yang ada di Indonesia. Keunikan tersebut seperti Danau Kaco dapat mengeluarkan cahaya yang terang, terutama pada saat bulan purnama. Jika wisatawan datang ke Danau Kaco pada saat bulan purnama maka para wisatawan tidak membutuhkan alat bantu penerangan karena air danau dapat mengeluarkan cahaya yang cukup terang. Jika dilihat dari kejauhan cahaya yang dipancarkan oleh Danau Kaco akan terlihat seperti lampu yang diarahkan kelangit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *