Masjid merupakan tempat peribadatan umat muslim di seluruh dunia. Meskipun zaman kian berganti, tetapi tidak membuat Masjid – masjid ketinggalan zaman atau di lupakan, mengapa ? Karena setiap Masjid memiliki sejarah atau histori nya sendiri. Terlebih pada masjid – masjid yang memang memiliki sejarah panjang di dunia, seperti masjid nabawi di arab atau hagia sophia di turki. Juga selain menjadi tempat ibadah, masjid juga menjadi saksi bisu untuk peradaban – peradaban yang telah terlewati dari zaman ke zaman. Maka dari itu, pada zaman sekarang masjid juga di jadikan wisata relegi sekaligus menjadi tempat utama untuk mengerjakan ibadah. Banyak warga atau turis non – muslim yang mengunjungi masjid untuk sekedar berkunjung dan berwisata, karena pada hal itu para turis yang non – muslim mendapatkan pelajaran yang penting tentang sejarah peradaban manusia yang masih ada hubungannya dengan masjid. Artikel kali ini akan membahas tentang berjelajah ke masjid paling bersejarah di dunia yaitu masjid Nabawi, yuk mari kita ulas:

Masjid An-Nabawi

Semua orang terutama umat muslim di seluruh dunia pasti tahu dengan Masjid yang satu ini, yaitu Masjid An-Nabawi. Masjid ini berlokasi di Madinah, Saudi Arabia. Tahu kah kamu, masjid ini adalah masjid ke 3 yang di dirikan di dalam sejarah islam, dan masjid nabawi juga merupakan masjid terbesar di dunia juga ! . Masjid ini banyak sekali sejarahmya, tentu jelas sekali, karena sejarahnya masjid ini berhubungan langsung dengan nabi besar Muhammad SAW. Bahkan, pendiri masjid ini sendiri adalah beliau sendiri, kekasih Allah SWT. Pada waktu itu, masjid ini menjadi tempat berkumpul warga dan juga sekolah sekolah agama. Tahu kah kamu bahwa terdapat kubah hijau di masjid ini yang menjadi simbol terkenalnya. For your information juga, gaya arsitektur masjid ini adalah islam klasik dan kontemporer.

Masjid ini di dirikan pada tahun 622 M. Struktur masjid ini diantaranya terdapat makam nabi. Makam nabi disini adalah makam baginda rasulullah Muhammad SAW, disini juga terdapat makam para sahabat nabi yaitu Abu bakr As-shiddiq dan Umar bin Khattab. Yang kedua ada Riyadhul Jannah, apakah itu ? Riyadhul Jannah adalah bagian dari luasnya makam rasul sampai kepada mimbarnya, yang ketiga ada Raudlah yaitu taman surga atau tempat dimana doa- doa akan terkabul langsung kepada Allah, yang keempat adalah mihrab, dalam masjid nabawi, terdapat 2 mihrab, mihrab sendiri adalah relung yang berbentuk setengah lingkaran yang berada di dinding paling depan masjid nabawi. Yang kelima adalah mimbar, yang terakhir adalah Minaret, minaret adalah menara masjid. Minaret di masjid nabawi memiliki bentuk silinder di bagian atas, dan juga memiliki bentuk segi 8.

Di lansir dari hadist Al-Bukhari, dari Abu Hurairah, Rasulullah  pernah bersabda, “Antara rumahku dan mimbar adalah taman surga.”.

Keindahan masjid nabawi ini terdapat di kemegahan interior dan eksterior seluruh gedung. Selain daripada itu, masjid nabawi memiliki keindahan lainnya yaitu gaya arsitekturnya, teknologi yang canggih, halaman, interior masjid, dan atap masjid.

Masjid ini mula – mulanya di bangun oleh rasul sewaktu kedatangannya ke madinah, dengan menaiki unta dan berhenti di tempat yang sekarang di jadikan masjid. Apakah kalian tahu bahwa masjid ini di perluas saat setelah perang khaibar, daerah masjid yang di luaskan yaitu tembok barat yang dijadikan tempat shalat. Pada tahun 707 SM, masjid nabawi di renovasi untuk di besarkan pada masa Utsman bin Affan. Khalifah Abbasiyah Al-Mahdi memperluas nya ke bagian utara 50 m.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *