Sebagai seorang traveller, memang hal yang paling di rasakan kehebatannya adalah menjelajah berbagai macam keajaiban dunia. Seorang traveller sejatinya memang banyak menghabiskan waktu untuk menjelajah ke berbagai lokasi yang memang bersejarah, unik, belum banyak di ketahui orang dan lain – sebagainya. Ada satu tempat dimana tempat ini memiliki nilai estetikanya sendiri, seperti yang ada pada judul ialah Petra di Yordania. Apakah kamu tahu apa itu Petra ? Petra adalah situs warisan dunia yang sudah di akui oleh UNESCO. Petra sendiri merupakan sebuah bangunan arkeologikal yang terkenal dengan bangunan arsitektur yang di pahat dengan batu – batu lokal.

Lokasi petra adalah lokasi yang di kelilingi oleh gunung yang salah satu gunung nya memiliki tinggi sekitar 1350 mdpl. Nah gunung itu pula yang menjadi lokasi paling tinggi yang bernama el barra. Secara geografi pula, Petra berada di antara teluk aqaba dan laut mati lho, dan memiliki tinggi 800 sampai dengan 1.396 mdpl. Letak Petra juga semacam tersembunyi, berada diantara batu – batu dan tebing yang bertingkat. Apakah kalian tahu bahwa Petra adalah ibu kota dari Kerajaan Nabatea, yang didirikan 9 tahun SM sampai dengan tahun ke-40 M oleh Raja Aretas IV. Kerajaan Nabatea merupakan negra bangsa arab Nabatea atau Arabia Petrea. Apakah kalian tahu bahwa setelah terjadinya perang salib di abad 12, Petra pernah hilang bak di telan bumi, akan tetapi Petra hanya bisa dikenali oleh warga lokal atau suku lokal yang ada disana (suku badui), Petra menghilang sekiranya selama 500 tahun. For your information bahwa Petra merupakan kota yang di bangun oleh pahatan dinding batu di Jordan. Petra adalah simbol dari perlindungan juga. Arti kata “Petra” adalah sesuatu yang merujuk pada batu atau bebatuan, bangunan Petra  terbuat dari bebatuan di lembah yang ada di Jordan, yaitu Wadi Araba. Petra di buat dengan mengukir bebatuan setinggi empat puluh meter.

Untuk kalian ketahui bahwa Petra juga sempat di juluki dengan Kota Peradaban yang Hilang, atau Kota yang Tenggelam. Bahwasanya yang sudah di ceritakan diatas tadi, Petra sempat “menghilang” dari muka bumi sekiranya 500 tahun. Petra menyuguhkan arsitektur bebatuanyang sangat indah sejauh mata memandang, tak heran Petra menjadi salah satu warisan dunia yang diakui. Petra juga menjadi kiblat beberapa traveller yang ingin menjelajah ke tempat yang eksotik dan menawan, akan tetapi bukan itu saja, di Petra terdapat berbagai macam pelajaran yang bisa kita petik, maksudnya banyak sejarah yang menceritakan Petra dan itu bisa kita cerna. Tahukah kamu bahwa lokasi Petra di zama dulu merupakan tempat yang aman dan ideal. Banyak penjual dengan membawa unta berjalan – alan di sekitar sini, akan tetapi Petra semakin kesini, semakin luntur akibat masa pemerintahan Bizantium yang semakin kuat.

Petra pun memiliki icon tersendiri yaitu The Treasury. Kamu bisa lihat potret nya di bawah ini

Kebayang kan bagaimana indahnya kota yang pernah hilang ini ? Kamu bisa kapan pun kesini, seperti yang sudah di kemukakan, Petra merupakan tempat yang layak di kunjungi, kamu akan merasakan bagaimana rasanya hidup di tengah peradaban pada masa itu loh, dan kamu juga akan banyak menemukan tempat – tempat bersejarah selain The Treasury disini, jadi kapan kamu akan mengunjungi Petra di Jordan ? Hihihi !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *