Menjelajahi Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Kamu pecinta alam ? Kamu suka mendaki gunung ? Pastinya kamu sudah tahu kan dengan gunung yang satu ini ? Tidak mungkin jika tidak tahu dengan gunung dengan puncak tertinggi di pulau jawa. Ya, itu adalah gunung semeru. Gunung Semeruitu adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa loh, dengan puncaknya yang di sebut juga dengan “Mahameru”, gunung ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Gunung Semeru juga adalah gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Di sini juga terdapat kawah, yaitu Jonggring Saloko. Secara administratif , Gunung Semeru termasuk dalam wilayah 2 kabupaten, mau tahu tidak??

Yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung semeru juga memang sudah termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Untuk kamu yang ingin datang ke Gunung Semeru, kamu akan memerlukan waktu sekitar 4 hari untuk mendaki puncak gunung Semeru (kondisi pergi-pulang) . Terkadang,kita juga bisa melihat  kepulan asap dari puncak Semeru. Jadi harus selalu hati – hati ya !

Nah ada yang menarik lagi nih temen – temen! Kamu tidak akan sampai ke mahameru kalau tidak melewati danau besar Ranu kumbolo ! Di Ranu Kumbolo kamu bisa berkemah untuk beristirahat sejenak setelah lelah selama mendaki gunung dan lelah selama melalui perjalanan yang tidak mudah itu. Ranu Kumbolo berada pada ketinggian 2.400 meter dengan luas 14 ha. Nah, selepas dari Ranu Kumbolo sebaiknya kamu menyiapkan air sebanyak mungkin ya untuk bekal kamu pada saat kamu melanjutkan perjalanan setelah. Sehabis dari Ranu Kumbolo , kamu kemudian akan mendaki bukit terjal, dengan pemandangan yang sangat indah dari belakang ke arah danau. Di depan bukit terbentang itu terdapat padang rumput yang luas yang bernama oro-oro ombo. Oro-oro ombo dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah lho, terdapat padang rumput luas dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus. Lalu, kamu akan  memasuki hutan cemara di mana kadang kala kamu akan menjumpai banyak burung dan binatang kijang. Dan daerah ini bernama Cemoro Kandang.

Nah setelah banyak melalui jalur, akhirnya kamu akan menuju puncak alias menuju mahameru nih !  Saran, semua barang bawaan kamu sebaiknya kamu tinggal di Arcopodo atau di Kalimati ya!. Pendakian menuju puncak dilakukan sekitar pukul 00.00 dari Kalimati. Siang hari angin cenderung ke arah utara menuju puncak membawa gas beracun dari Kawah Jonggring Saloka. Pendakian sebaiknya dilakukan pada musim kemarau yaitu bulan Juni, Juli, Agustus, dan September. Dan sebaiknya tidak mendaki pada musim hujan karena sering terjadi badai dan tanah longsor.

Nah pada saat kamu mendaki menuju puncak, kamu  akan di suguhkan dengan pemandangan super duper “wow” sekali, yaitu hamparan taman bunga verbana ungu!. Untuk kamu ketahui, gunung semeru juga memiliki makna yang dalam bagi agama hindu, yaitu tempat bersemayamnya para dewa loh. Di gunung semeru juga terdapat pohon – pohon yang dililit oleh kain berwarna putih dan kuning, yang membuat para pendaki dilaramg untuk berkemah disana. Jadi, kamu harus menghormati tata tertib dan segara peraturan yang ada pada gunung semeru ya , jangan sampai di langgar, karena semesta akan lebih mengetahui apa yang kamu perbuat. For your information, Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini juga termasuk ke dalam Seven Summits Indonesia loh. Apa itu seven summits ? Seven Summits itu penyebutan untuk 7 puncak tertinggi. Nah, Gunung Semeru termasuk ke dalam urutan ke 4 gunung tertinggi yang ada di Indonesia! Lalu urutan ke 1,2,3,5, 6 dan 7 nya apa yaa ? Kamu bisa gcari ke mr. Google untuk indormasi tersebut ! Hihihi

Nah dari sejarah dan cerita tentang semeru, bukankah itu adalah hal yang menarik ? Jadi kapan kamu akan mendaki ke gunung semeru ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *