Bali dengan sejuta pesona yang menghipnotis, tak luput dari genggaman adat kulturnya yang sangat kental. Bali adalah salah satu destinasi warga dunia yang sangat di favoritkan, mulai dari eksotis pantai , gunung, dan tempat – tempat indah lainnya. Bali adalah tempat dimana pura – pura terbaik ada, di bali mayoritas warga nya adalah beragama hindu 86,91%. Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Bali yang terkanal dengan pura yang banyak dan kental sekali dengan adatnya, menjadikan pura di bali sebagai daya tarik tambahan bagi para wisatawan dari lokal ataupun dari luar negeri. Karna memiliki daya khas tersendiri. Bagi kalian yang ingin melihat dan menikmati bagaimana warga bali sembahyang , sangat di sarankan kalian untuk datang pada waktu khusus yaitu pada hari besar agama hindu, dan kalian juga harus menghormati aturan yang berlaku disana seperti memakai kain sarung untuk laki-laki dan juga selendang di pinggang bagi perempuan. Berikut adalah macam-macam pura yang terbaik di Bali, diantaranya :

Pura yang terbaik di Bali

•             Tirta Empul

Tirta empul berartikan mata air yang suci,tempat ini berlokasi tepatnya di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring. Tirrta empul diyakini sebagai sumber air bersih yang dianggap sebagai air suci yang digunakan untuk ritual Hindu. Pura ini didedikasikan untuk Dewa Wisnu, nama dewa Hindu untuk kesadaran tertinggi Narayana. Di sisi kiri pura terdapat sebuah bangunan vila modern di atas bukit bernama Istana Tampaksiring.

Tirta empul juga banyak di kunjungi karena air nya yang suci dirasa akan banyak manfaat jika kita pakai, maka dari itu bila kesini wisatawan selalu mandi dengan air dari kolam tirta empul.

•             Pura Tanah Lot

Pura tanah lot berlokasi di di desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Di pura ini kita hanya bisa mendatangi saat air laut surut saja, karena pura tanah lot dibangun diatas batung karang besar yang berada di area lepas pantai. Tempat ini adalah pura palingpopoler di kalangan wisatawan, makannya pura ini selalu ramai meskipun bukan hari besar agama juga. Disini juga kalian bisa menikmati matahari tenggelam atau sunset, jadi ada baiknya kamu datang keisni pada saat menjelang matahari tenggeam, pasti akan  lebih indah!

Sunset di pura tanah lot, bali

•             Pura Luhur Uluwatu

Pura luhur uluwatu adalah pulau yang terletak di di ujung tebing karang yang sangat curam. Tebing karang ini memiliki tinggi sekitar 97 meter di atas permukaan laut. Tetapi di samping “kengerian” karena ada di mulut tebing, kalian bisa melihat luasnya samudera hindia dari atas sini. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura. Pura Uluwatu juga menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga selancar, dan ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat selancar selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik.

Itulah beberapa pura yang terbaik yang ada di bali, jika kamu ke bali, mampirlah ke pura – pura tersebut di atas. Karena selain pantai, sawah dan pegunungan yang ada di bali, pura pun tak kalah keren dan eksotisnya untuk kalian kunjungi. Tetapi tetap mentaati peraturan-peraturan yang berlaku ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *