Kenya atau Republik Kenya atau Jumhuriye Kenya adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Afrika Timur yang berbatasan langsung dengan Ethiopia di sebelah utara, Somalia di sebelah timur dan timur laut, Tanzania di selatan, Uganda di barat, Sudan di barat laut serta dibatasi Samudera Hindia di bagian tenggara.Secara geografis, negara Kenya terletak di pantai timur Afrika. Sebelah utara negara ini dibatasi oleh Sudan dan Ethiopia. Sebelah selatan dibatasi oleh Tanzania. Sebelah timur dibatasi oleh Somalia dan Samudera Hindia. Sebelah barat dibatasi oleh Uganda dan danau Victoria.

Secara astromonis, Kenya terletak antara 4°LU – 4°LS dan 33°BT – 44°BT. Luas wilayah negara Kenya adalah 586.646 km².Secara garis besar, Bentang alam negara Kenya terbagi atas daerah dataran pantai, dataran tinggi, lembah yang luas, dan padang rumput (sabana), serta semak-semak.

Dataran Rendah

Di daerah pantai banyak tumbuh pohon kelapa dan palem. Di daerah lepas pantai yang masih dalam lingkup perairan terdapat terumbu karang (coral reef )yang kelihatan dengan jelas pada waktu pasang surut.

Dataran Tinggi dan Pegunungan

Pegunungan dan dataran tinggi terdapat di bagian barat daya negara Kenya. Puncak tertinggi negara Kenya adalah Gunung Kenya (5.199 m).

Gunung

Gunung tertinggi di negara Kenya adalah Gunung Kenya (5.199 m) Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Benua Afrika setelah Gunung Kilimanjaro.

Gunung ini merupakan gunung berapi yang telah mati. Lerengnya terdiri dari beberapa bioma. Daerah sekitar gunung ini dilindungi dalam Taman Nasional Gunung Kenya. Gunung Kenya merupakan tempat dari Global Atmosphere Watch, sebuah stasiun pemantauan atmosfer.

Sungai

Sungai utama yang terdapat di negara Kenya adalah Sungai Tana dan Sungai Athi. Dua sungai ini mengalir ke timur melalui daerah belukar menuju Samudera Hindia.

Semak

Lokasi daerah semak belukar 32 km dari pantai ke arah utara dan barat. Daerah ini merupakan bentangan yang sangat luas terdiri atas pepohonan rendah yang berduri dan perdu.

Danau

1. Danau Victoria Danau Victoria memiliki luas 68.870 km2, membuatnya danau terbesar di benua Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan. Karena dangkal, danau ini masuk dalam urutan ke-7 danau air tawar dalam volume, berisi 2.760 km3 air. Dia merupakan sumber dari cabang terpanjang Sungai Nil, Nil Putih. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift Valley Afrika dan diatur oleh Tanzania, Uganda dan Kenya.

Ini termasuk Kepulauan Ssese di Uganda, sebuah Ada lebih dari 3.000 pulau dalam Danau Victoria, kebanyakan tidak berpenghuni kelompok besar pulau-pulau di barat laut danau tersebut dan menjadi sebuah tujuan pariwisata populer.

2. Danau Turkana Danau Turkana adalah danau di Great Rift Valley di Kenya. Danau ini merupakan danau gurun permanen terbesar di dunia. Dari volumenya, danau ini merupakan danau air tawar terbesar keempat setelah Laut Kaspia, Danau Issyk-Kul dan Laut Aral yang sedang menyusut dan di antara semua danau itu peringkat kedua puluh. Airnya bisa diminum tetapi tidak enak. Iklimnya panas dan sangat kering. Bebatuan dari daerah sekitarnya sebagian besar adalah vulkanik. Pulau Tengah merupakan gunung berapi aktif, mengeluarkan uap. Tonjolan dan pantai berbatu-batu yang ditemukan di Timur dan Selatan tepi danau, sedangkan bukit pasir berada di Barat dan Utara, pada ketinggian yang lebih rendah.

Tiga sungai (yakni Omo, Turkwel dan Kerio) mengalir ke dalam danau ini, tetapi kurang keluar sehingga cara satu-satunya agar air bisa keluar adalah dengan penguapan.

Gurun

Gurun Chalbi adalah gurun kecil di utara Kenya dekat perbatasan dengan Ethiopia. Gurun ini terletak di sebelah timur Danau Turkana. Dan gurun chalbi merupakan gurun permanen terbesar di dunia. Gurun ini berada di permukiman Utara Horr di padang pasir. Marsabit adalah kota besar yang dekat dengan gurun tersebut.Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah Kenya beriklim tropis. Akan tetapi, di beberapa tempat mempunyai iklim yang berbeda sesuai dengan kondisi lingkungan alamnya. Misalnya, daerah pegunungan dan dataran tingginya beriklim sejuk.

Di Negara Kenya terdapat dua danau besar, yaitu Danau Victoria dan Danau Ruduolf. Di bagian utara dari Danau Ruduolf beriklim panas dan kering. Negara Kenya mengalami dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau terjadi pada bulan Februari sampai dengan Bulan Mei musim penghujan terjadi pada bulan Juni sampai Bulan Desember. Bulan Januari biasanya disebut bulan peralihan.

Inilah lokasi yang bisa kamu jelajahi di Kenya, diantaranya adalah :

1.Samburu

Travel Guide Samburu National Park

Samburu adalah taman nasinal yang ada di kenya. Di sini, kamu bisa mendapati keanekaragaman tanaman dan hewan khas Kenya. Beberapa binatang yang hidup di kawasan taman ini adalah gajah, singa, macan tutul, cheetah, oryx, gerenuk, kerbau, dan kijang. Di dalam area ini, terdapat penginapan bergaya perkemahan sederhana dengan fasilitas toilet dan pancuran air dingin yang baik. Tenda-tendanya pun cukup bersih dan tempat tidur di dalamnya nyaman

2. Taman Nasional Masai Mara

Bersafari ke Masai Mara, Taman Nasional Terbesar di Kenya (2-Habis)

Taman nasional Masai Mara menyuguhkan kamu hamparan pemandangan savana yang luar biasa. Kamu juga akan melakukan aktivitas safari yang sangat indah dan asyik dengan beragam satwa liar di dalamnya, Beberapa kegiatan menarik lain yang bisa kamu lakukan di sini adalah menjelajah taman di malam hari dengan mobil, safari berjalan, memancing di beberapa sungainya dan melakukan kunjungan budaya ke desa-desa sekitar. Dan terdapat satu kegiatan unik di tempat ini, yaitu kamu bisa menaiki balon udara sehingga kamu bisa menikmati savanna ini secara luas di atas langit.

Bagaimana, tertarik untuk menjelajah ke Kenya ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *