Siapa yang tak ingin berkunjung untuk berlibur dan melepas penat ke Nusa Tenggara Barat atau NTB ? Setiap orang pasti menginginkannya, indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, tak heran jika di NTB pula terdapat banyak pulau yang terkenal hingga yang belum banyak di jamah oleh manusia. Keindahan alam di nusa tenggara timur sangat elok dan sangat terjaga keasriannya, tak aneh bila banyak rang yang ingin sekali berkunjung ke provinsi ini. Secara teoritis, nusa tenggara barat  ialah sebuah provinsi di Indonesia yang berada pada bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Nusa Tenggara Barat terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, memiliki luas wilayah 20.153,15 km2. Terletak antara 115° 46′ – 119° 5′ Bujur Timur dan 8° 10′ – 9 °g 5′ Lintang Selatan. Selong merupakan kota yang mempunyai ketinggian paling tinggi, yaitu 148 m dari permukaan laut, sementara Raba terendah dengan 13 m dari permukaan laut. Dari tujuh gunung yang ada di Pulau Lombok, Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi dengan ketinggian 3.775 m, sedangkan Gunung Tambora merupakan gunung tertinggi di Sumbawa dengan ketinggian 2.851 m. Sungai-sungai di Nusa Tenggara Barat dikelompokkan ke dalam dua wilayah sungai, yaitu Wilayah Sungai (WS) yaitu WS Lombok dan WS Sumbawa. Berdasarkan data statistik dari lembaga meteorologi, temperatur maksimum pada tahun 2001 berkisar antara 30,9° – 32,1 °C, dan temperatur minimum berkisar antara 20,6°- 24,5 °C. Temperatur tertinggi terjadi pada bulan September dan terendah ada bulan November. Sebagai daerah tropis, NTB mempunyai rata-rata kelembaban yang relatif tinggi, yaitu antara 48 – 95 %.  Keindahan dan pesona alam nusa tenggara barat tidak luput dari perhatian banyak orang, terdapat gunung, pulau, pantai yang sangat indah nan eksotis disana. Bica soal gunung, memang indonesia pun memiliki jumlah gunung yang sangat banyak dan dengan berbagai macam jenis. Salah satunya yang terkenal adalah gunung di NTB yaitu gunung rinjani.

Siapa yang suka mendaki gunung? Jaman sekarang banyak sekali orang yang memiliki hobi untuk mendaki gunung. Rasa nya mendaki gunung itu adalah sebuah perjuangan yang akan berbuah hasil sangat luar biasa seperti saat kita sudah mencapai puncak, kita bisa melihat keindahan dunia dari atas gunung hingga bisa juga kita berdiri sejajar dengan awan. Nah di nusa tenggara barat, terdapat gunung yang termasuk salah satu gunung terkenal di indonesia, yaitu gunung rinjani. Gunung rinjani adalah gunung merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini karena apabila telah berhasil mencapai puncak itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Animo komunitas pencinta alam di seluruh nusantara bahkan dari mancanegara dalam kegiatan pendakian cukup besar, ini terbukti dengan jumlah pengunjung yang melakukan pendakian setiap tahunnya mengalami peningkatan.Pesona unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani yang sangat prospektif adalah Danau Segara Anak, lokasi ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun.

Untuk mengunjungi Danau Segara Anak dari jalur Senaru dibutuhkan waktu tempuh sekitar 7 – 10 jam berjalan kaki (± 8 Km) dari pintu gerbang jalur pendakian Senaru. Sedangkan dari jalur pendakian Sembalun ditempuh dalam waktu 8 – 10 jam. Danau segara anak dengan ketinggian ± 2.010 m dpl dan kedalaman danau sekitar ± 230 meter mempunyai bentuk seperti bulan sabit dengan luasan sekitar 1.100 Ha.

Disekitar Danau Segara Anak terdapat lahan yang cukup luas dan datar, dapat digunakan untuk tempat berkemping/berkemah, juga pengunjung bisa memancing ikan di danau atau berendam di air panas yang mengandung belerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *