Gunung terkenal di indonesia biasa nya terletak di jawa tengah, jawa timur , nusa tenggara atau pun di bali. Tetapi pada faktanya terdapat banyak gunung indah yang banyak di naiki oleh pendaki di jawa barat. Gunung yang berada di jawa barat diantaranya adalah gunung ciremai, gunung papandayan, gunung gede, gunung cikuray, gunung salak, gunung guntur, gunung malabar, gunung ganlunggung, gunung burangrang, gunung manglayang dan lain – lain. Kali ini, kita akan membahas tentang menjelajah gunung papandayan yang merupakan salah satu gunung indah di jawa barat.

Letak gunung papandayan berada di kabupaten garut, jabar. Gunung papandayan memiliki ketinggian 2665 m d p l , apakah kamu tahu bahwa di gunung papandayan terdapat beberapa kawah loh, diantara nya adalah kawah mas, baru, ngangklak, danmanuk. Gunung papandayan tercatat pada sejarah sudah beberapa kali meletus, bahkan pernah juga mengalami ketusan besar pada tahun 1772 yang menghancurkan banyak desa dan menrenggut nyawa banyak warga .

Dalam sisi positifnya,  gunung papandayan terbilang sangat ramah bagi para pengunjung, khususnya untuk kamu kamu yang tidak terbiasa dengan  pendakian. Karenaa jalur yang ada telah di buat dengan apik dan begitu tertata. Sebagiannya pula sudah dibuat berundak menggunakan tatanan batu. Bahkan disini, saat kamu akan melalui jalanan disini, atau pada pintu pendakian , kamu akan merasakan jalanan aspal halus sepanjang kurang lebih 500 meter yang mudah untuk kamu dilalui. Lama waktu pendakian pun tidak begitu lama, sekiranya dibutuhkan waktu kurang lebih dua sampai tiga jam saja untuk bisa mendaki dan menyelesaikan track Papandayan.

Heii , tau kah kamu kalau Gunung Papandayan memiliki kawah aktif yang masih mengeluarkan asap belerang ??? Kawah ini tidak begitu luas dan tidak ada di puncak gunung. Kawasan kawah dibatasi dengan pagar pembatas, dengan maksud melarang pengunjung untuk mendekat karena bahaya sekali hihihi. Di gunung papandayan terdapat beberapa kawah, yaitu satu kawah utama dan beberapa lainnya kawah-kawah kecil yang juga terlihat mengeluarkan asap.

Daya tarik Wisata disini adalah di antaranya:

• Kawah Papandayan adalah komplek gunung berapi yang masih aktif dengan memiliki luas sekitar  10 Ha. Disini juga terdapat lubang – lubang magma dengan ukuran besar dan kecil, nah dari lubang-lubang tersebut banyak keluar asap atau uap air , dan disinilah kamu akan mendengar suara – suara yang unik lho !

• Yang kedua ada Blok Pondok Saladah. Blok Pondok Saladah adalah padang rumput denga memiliki luas 8 Ha, dengan ketinggian 2.288 meter di atas permukaan laut. Di blokpondok saladah juga mengalir sungai Cisaladah yang airnya selalu saja mengalir. Untuk kalian yang akan berkemah, disinilah lokasi ideal nya!

• Yang ketiga ada Blok Sumber Air Panas. Tempat ini terletak di di perbatasan Blok Cigenah, sumber air panas yang ada disini mengandung belerang dan berkhasiat untuk penyembuhan penyakit kulit terutama gatal-gatal. Disini kamu akan melihat pemandangan yang luar biasa dengan udara yang begitu sejuk!

Nah selain ketiga kegiatan yang bisa kamu lakukan di gunung papadayan, terdapat beberapa aktivitas lainnya juga loh yang bisa kamu lakukan . Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selain mendaki di gunung papandayan adalah :

1.Menikmati keindahan alam gunung dan hutannya

2.Berkemah

3.Hunting foto

4.Memotret

5.Mandi dengan air yang mengandung belerang, (untuk pengobatan penyakit kulit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *