Hidden gem? Apa itu hidden gem ? Ya, hidden gem adalah permata yang tersembunyi. Kata tersebut merupakan idiom yang mengartikan bahwa ada tempat indah yang tersembunyi alias yang belum banyak orang tahu. Di suatu daerah, pasti saja ada hidden gem atau surga yang tersembunyi atau bisa di katakan lagi lokasi yang tersembuyi. Nusa Tenggara Barat (disingkat NTB) ialah sebuah provinsi di Indonesia yang berada pada bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Nusa Tenggara Barat terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, memiliki luas wilayah 20.153,15 km2. Berdasarkan data statistik dari lembaga meteorologi, temperatur maksimum pada tahun 2001 berkisar antara 30,9° – 32,1 °C, dan temperatur minimum berkisar antara 20,6°- 24,5 °C. Temperatur tertinggi terjadi pada bulan September dan terendah ada bulan November. Sebagai daerah tropis, NTB mempunyai rata-rata kelembaban yang relatif tinggi, yaitu antara 48 – 95 %. Sepertinya tidak perlu berlama – lama lagi deh , yuk kita ulas satu satu surga tersembunyi yang ada di NTB :

3surga tersembunyi yang ada di NTB

1.AIR TERJUN SENDANG GILE

Air terjun Sendang Gile adalah air terjun yang terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya berada di kawasan desa Senaru, 2 kilometer dari desa Bayan. Objek wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ini disebabkan karena air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju gunung Rinjani. Selain itu, ternyata air di Sendang Gile berasal dari mata air di Gunung Rinjani yang sangat sejuk dan alami. Untuk menuju ke tempat ini, para pengunjung harus melalui dua ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter, dan jembatan berlubang melalui sebuah lembah yang membutuhkan waktu penjelajahan sekitar 15 menit. Perjalanan alternatif juga bisa dilakukan dengan cara menyelusuri pinggir lembah yang agak curam dan mengikuti saluran irigasi serta menyeberangi jembatan yang terbuat dari rotan. Air terjun ini sering juga di sebut oleh penduduk setempat sebagai Batu Ko’ (batu kerbau). Menurut cerita rakyat setempat, dulu Sendang Gile adalah tempat bidadari mandi ketika turun ke bumi

2.PULAU SATONDA

Pulau Satonda adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini terletak di lepas pantai utara Pulau Sumbawa. Pulau Satonda terbentuk dari letusan Gunung Satonda ribuan tahun yang lalu. Gunung berapi Satonda konon berusia lebih tua daripada Gunung Tambora, yang berjarak sekitar 30 kilometer dari pulau ini. Pulau Satonda memiliki terumbu karang alami yang luas di perairan sekitarnya dan ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut . Disini, kamu bisa melakukan snorkeling atau diving untuk melihat keindahan ragam terumbu karang fauna dasar lautnya. Dan di dasar laut itu kamu bisa melihat beragam jenis karang, seperti Labophyton sp, Nephtea sp, sampai dengan Lemnalia sp, dan beberapa binatang laut lain, seperti penyu sisik dan aneka ikan hias.

3.TANJUNG RINGGIT

Tanjung Ringgit adalah sebuah tanjung di pantai timur Pulau Lombok. Panorama yang diberikan sangat indah dan akan membius total untuk kamu yang datang saat melihatnya. Apalagi tebingnya yang sangat curam, serta angin laut yang kencang membuat tempat ini sangat eksotis. Jelas saja, Tanjung Ringgit posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan dan Pulau Sumbawa di sebelah timur. Disini terdapat banyak spot menarik yang bisa kamu jadikan latar berfoto ria di sini. Mulai dari perbukitan yang sangat indah, atau berfoto bersama beberapa peninggalan Jepang dan juga berlatar belakang laut indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *