Hello guys ! Kalian suka mendaki ? jika iya, pasti kalian semua sudah tahu dong gunung – gunung terindah dan gunung – gunung yang sudah biasa untuk di daki ? . Apakah kalian tahu Gunung Rinjani ?

Tentunya untuk kalian sang pecinta alam dan sang penakluk gunung – gunung pasti tidak asing dengan gunung yang berada di pulau lombok satu ini.

Gunung rinjani merupakan gunung terkenal di indonesia, lebih tepat nya gunung ini berada di ntb atau nusa tenggara barat.

Gunung ini merupakan gunung yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut dan apakah kalian tahu bahwa gunung rinjani adalah gunung berapi nomor dua yang paling tinggi di negara bumi pertiwi.

Oh ya, jika kamu belum tahu, gunung rinjani secara administratifnya marupakan gunung yang berada dalam 3 wilayah kabupaten, yaitu lombok timur, lombok tengah, lombok barat.

Gunung rinjani memang terkenal dengan keindahan alam nya yang rindang , gunung rinjani pun selalu banyak didatangi oleh segelintir orang untuk di daki.untuk kalian yang belum tahu, berapa sih suhu di gunung rinjani ini ?

Jawabannya adalah 20 derajat celcius dan paling rendah adalah 12 derajat celcius, woww kebayang kan dinginnya seperti apa ? Hahahah .

Biasanya juga ketika bulan agustus, di puncak ,kalian akan mendapati angin kencang, jadi kalian mesti hati – hati ya.

Memang mendaki gunung itu adalah bertunjuan untuk menaklukan puncak sebisa mungkin, akan tetapi seperti pada gunung semeru, sebelum mencapai mahameru pendaki pasti akan melewati ranu kumbolo, nah sama hal nya juga dengan di gunung rinjani.

Di gunung ini, kalian akan mendapati sebuah danau yang bernama Segara Anakan, danau ini berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

Untuk kalian yang akan kesini, kalian bisa mendaki dari desa senaru. For your information, banyak dari pendaki memulai trek mendaki mereka dari rute sembalun dan berakhir di senaru, mengapa demikian ?

Karena pendaki bisa meminimalisir hingga 700 meter saat mendaki gunung. Kalian akan menempuh waktu sekitar 7 jam perjalanan kaki dari kedua desa tersebut.

Seperti di ranu kumbolo, para pendaki juga bisa berkemah di segara anakan, biasanya kita juga akan mendapati warga sekitar atau warga lokal sedang berendam pada kolam air panas dan juga memancing ikan.

Selanjutnya, dari arah danau jika kita akan mencapai puncak, kalian harus mendaki punggungan setinggi 1000 meter yang memerlukan 2 tahap waktu yaitu 3 jam dan juga 4 jam.

Perjalanan menuju puncak gunung sangat sulit karena medan nya yang licin dan banyak terdapat bebatuan kecil yang harus selalu kita waspadai, tetapi di samping itu kalian akan di temani dengan pemandangan yang seolah – olah membayar kesusah payahaan kalian saat mendaki gunung rinjani, begitu banyak sekali pepohonan yang segar dan apalagi jika sudah memasuki pagi hari.

For your information lagi, jika kamu ingin melihat gua susu dan gunung baru jari, kamu harus memerlukan sekitar 2 hari perjalanan lagi agar sampai di puncak.

Pada sisi topografi gunung rinjani, terdapat gunung baru pada sebelah timur dan di sebelah barat gunung rinjani adalah kaldera atau yang tadi di sebutkan adalah danau segara anak.

Mendaki gunung rinjani adalah salah satu tujuan para pecinta alam penakluk gunung yang paling di favoritkan , oh ya untuk kamu yang belum tahu bahwa pada bulan juli sampai dengan agustus banyak pendaki yang mendaki secara besar – besaran loh, biasanya pendaki itu sendiri berasal dari kalangan mahasiswa.

Menelusuri Gunung Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani Ditutup 1 Januari 2020

Jadi, apa kamu tertarik untuk mendaki gunung rinjani ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *