Bismillahirrahmanirrahim. Hallo semuanya, disini sekarang kita akan membahas tentang masjid yang menjadi sasi sejarah peradaban manusia dari awal hingga pada akhirnya nanti. Siapapun yang senang akan sejarah atau senang dengan cerita – cerita tentang peradaban agama, pasti tahu apa nama tempat ini, terutama umat muslim pastinya tahu apa nama atau apakah tempat ini.

Ya, ini adalah sebuah masjid yang terletak di kota jerussalem, palestina. Tempat ini bernama baitulmaqdis atau yang lebih di kenal dengan masjid al aqsa. Apakah kamu tahu apakah masjid al aqsa itu ?? Sebenalnya masjid al- aqsa adalah nama dari sebuah kompleks yang di dalam nya berisikan tempat – tempat tertentu seperti bangunan yang memiliki kubah berwarna emas, dan bangunan – bangunan lainnya. Tahukah kamu bahwa masjid baitulmaqdis ini menjadi kiblat nya umat muslim di seluruh dunia dari generasi pertama sampai dengan generasi 17 sampai pada akhirnya kiblat di pindahkan ke kabah di masjidil haram di arab saudi. Selain daripada umat muslim, ada 2 agama lainnya yang menjadikan tempat ini menjadi situs atau lokasi yang paling di suci kan, yaitu dari agama yahudi dan agama nasrani. Mengapa demikian ? Dari sudut pandang agama yahudi, bangunan ini menjadi suatu kepercayaan yang bermula ketika dijadikan tempat di dirikannya “bait suci” pada jaman dahulu. Selain itu, umat yahudi pula mempercayai bahwa di lokasi inilah abraham akan menyembelih anaknya.

Masjid ini juga menjadi saksi bisu dalam masa – masa peradaban pada masa itu seperti pada masa bani israil , masa kekuasaan persia hashmonayim dan herodes, lalu  masa kekaisaran romawi, , masa kekhalifahan islam , masa kesatria salib dan lain – lain. Lokasi ini juga menjadi sejarah penting bagi 3 agama di dunia yaitu islam, nasrani dan yahudi yang sudah di sebutkan sebelumnya diatas. Jadi, mari kita bahas satu persatu .

Bagi agama yahudi, tempat ini di sucikan, tempat ini pula di sebut sebagai bukit bait suci atau bisa di bilang sebagai temat paling suci bagi umat yahudi, untuk kalian ketahui tempat ini di yakini sebagai tempat keberadaannya sang ilahi dan menjadikan nya tempat berdoa dan menghadap bagi umat yahudi. Dalam tradisi yahudi, di jelaskan bahwa beberapa kepercayaannya adalah dinyatakan bahwa tempat ini itu merupakan tempat terjadinya beberapa kejadian penting yang sebagaimana yang di sebutkan dalam al kitab.

Yang kedua, bagi agama nasrani yaitu di sebut sebagai bait suci yang di kemukakan di dalam perjanjian lama . Menurut kepercayaan agama kristen dalam kitab perjanjian baru, di katakan bahwa bait suci adalah tempat dimana terjadinya peristiwa penting di dalam kehidupan jesus (nabi isa AS). Tempat ini pula di jadikan sebagai pusat ibadat umat nasrani di dan juga sebuah peran jerusalem yang menjadi pusat kekristenan.

Yang ketiga adalah bagi kepercayaan agama islam adalah masjidil aqsa adalah masjid tertua setelah masjidil haram di arab saudi. Masjidil aqsa juga menjadi saksi bisu dalam perjalanan isra miraj nabi allah muhammad SAW menuju ke surga , apakah itu isra miraj ?? Isra miraj merupakan perjalanan rasulullah dari masjidil haram menuju baitul maqdis lalu terbang naik ke durga nya Allah SWT. Disinilah perintah shalat 5 waktu mulai di perintahkan oleh Allah untuk seluruh umat muslim yang di perantarai oleh nabi muhammad SAW. Masjidil aqsa juga menjadi kiblat pertama umat muslim di seluruh dunia. Untuk kalian ketahui, masjidil aqsa atau baitul maqdis ini pula menjadi status keagamaan yang di sucikan karena pada al quran banyak di sebutkan jerusalem secara tersirat dan tersurat.

Di dalam baitul maqdis juga terdapat bagian – bagian yang memang perlu untuk di ketahui seperti terdapat masjid al aqsa, qubah shakrah, mushala al marwani, qubah miraj, qubah nabi, al mawazin, musium islam , air mancur kasim pasha dan kayt bay, lalu terdapat banyak gerbang , menara masjid dan juga dome of rock atau tembok ratapan bagi umat yahudi.

Pada intinya, bangunan lokasi ini bisa bertahab sampai dengan tahun 586 sebelum masehi. Lalu pada 536-513 sebelum masehi, bangsa dari bani israil membangun kembali dengan di kenal sebagai bait suci yang kedua hingga akhirnya ada pula bait suci ketiga. Memang , bangunan ini tidak akan pernah bisa lepass dari agama islam yahudi dan juga kristen.

Jadi, untuk kalian yang ingin menjelajah kompleks suci ini sangat sangat di rekomendasikan untuk menambah wawasan kalian tentang 3 agama besar di dunia yang memiliki tempat suci yang saling berdekatan. Jika kalian ada kesempatan untuk kesini, jangan menyia-nyiakan kesempatan emas itu ya, dan di jamin deh kalian tidak akan menyesal datang ke tempat ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *