Eropa secara geologis, dan geografis adalah sebuah semenanjung atau anak benua (jazirah). Pemisahannya sebagai benua lebih dikarenakan oleh perbedaan budaya. Batas utara adalah Samudera Arktik, di barat adalah Samudera Atlantik, dan di selatan dibatasi oleh Laut Tengah. Batas timurnya masih belum jelas karena pemisahan benua ini sendiri diawali oleh faktor kebudayaan. Batas yang sering dipakai sebagai batas benua Eropa, dan Asia adalah Pegunungan Ural, dan Laut Kaspia. Benua ini adalah benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas 10.180.000 km² sedangkan bila dihitung dari populasinya, benua ini terletak di urutan ketiga dengan populasi terbanyak (di bawah Asia, dan Afrika) dengan 742,5 juta jiwa pada tahun 2013 atau sama dengan seperdelapan penduduk dunia. Eropa adalah benua yang berisikan negara-negara eksotis, mulai dari negara yang paling kecil hingga negara yang paling besar.  Perjalanan dari Indonesia menuju Eropa dengan pesawat terbang memakan waktu sekitar 16 jam 15 menit (Rata-rata waktu penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta ke Paris), 17 jam 35 menit (Rata-rata waktu penerbangan dari CGK Jakarta ke Amsterdam) dan  17 jam 50 menit (Rata-rata waktu penerbangan dari  CGK Jakarta ke Wina,Austria). Bagi setiap orang, mungkin Travelling adalah kesenangan dan kebahagiaan tersendiri, apalagi bisa menjelajah daerah atau negara yang jauh dan belum pernah di datangi. Ada banyak hal yang perlu kamu tahu nih sobat, jika kamu hendak melakukan Travelling khususnya ke tanah Eropa.

PASPOR

Tanpa paspor kamu tidak akan bisa tiba di negara yang akan kamu inginkan. Maka dari itu sebelum kamu berangkat,kamu harus mengurus kepemilikan paspor terbelih dahulu di kantor imigrasi. Biaya nya tidak mahal tetapi mungkin memang membutuhkan beberapa hari untuk selesai.

VISA

Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat diapply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor di negara tertentu. Di negara- negara Eropa tidak banyak negara yang membebaskan visa untuk wisatawan, maka dari itu kamu wajib mempersiapkannya agar kamu bisa mendatangi tempat yang ingin kamu tuju. Sebagai warga negara Indonesia,kamu harus memiliki Visa Schengen untuk masuk ke Eropa, kecuali Inggris/UK diurus terpisah. Kamu juga harus mempunyai bukti booking tiket pesawat mu dan hotel untuk dapat mengurus permohonan visa. Dan mengurus visa sendiri membutuhkan beberapa biaya, ingat setiap daerah berbeda harga visa nya ya!

MENUKAR MATA UANG

Hal yang harus dipersiapkan sebelum ke Eropa adalah menukar mata uang Rupiah menjadi mata uang Euro. Kalian menukar uang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan ya! Dan kalian harus tahu dulu kurs Euro ke Rupiah itu berapa, nah per 2 Juli 2020 1 Euro adalah sekitar 16,304 Rupiah.

PERSIAPAN PAKAIAN

Kamu juga harus memperhatikan cuaca dan musim disana, bawa baju dan pakaian seperlunya saja ya!

TIKET PESAWAT

Beli tiket pesawat setidak nya 2 sampai 3 bulan sebelum berangkat, karena bila tiket pesawat di beli dari jauh – jauh hari, kalian pasti akan mendapat harga yang lebih murah lho sobat!

TRANSPORT

Selama di sana ,kamu tidak mungkin pure berjalan kaki meskipun mayoritas warga disana lebih banyak yang berjalan kaki. Kamu harus menyiapkan rencana transportasi yang akan kamu gunakan untuk mengunjungi dari satu tempat ke tempat lain agar lebih mudah dan cepat. Di Eropa sendiri, sistem transportasi nya sudah maju, jadi kita tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan transportasi disana.

KEBUTUHAN PRIBADI

Hal yang perlu kamu lakukan juga adalah mempersiapkan obat-obatan pribadi, jika kamu memiliki riwayat penyakit alangkah baiknya kamu membawa obat pribadi ya,karena mungkin disana kamu akan sulit menemukan obat yang kamu butuhkan kecuali kamu harus konsultasi dengan dokter di sana.

FISIK

Selain yang di atas yang terlah di sebutkan, kamu perlu menyiapkan kesehatan fisik kamu agar tetap terjamin kestabilan dan kekuatan tubuh, apalagi disana jika sedang musim dingin dan kamu belum terbiasa akan menimbulkan hal-hal yang mungkin tidak kita inginkan. Jadi sebaiknya kamu harus menjaga kondisi fisik kamu agar tetap sehat dan prima, supaya perjalananmu disana tidak terhambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *