Pada hakikatnya gereja adalah tempat suci peribadatan umat kristen di seluruh dunia. Sama halnya dengan masjid, pura atau vihara yang merupakan tempat suci umat beragama di dunia yang patut kita lestarikan keberadaannya. Karena, keberadaannya merupakan saksi bisu umat manusia saat beribadah dan juga banyak sekali bangunan yang memiliki sejarah indah dan menarik salah satunya adalah pada gereja yang ada di dunia. Kira – kira apa saja ya gereja yang bersejarah di dunia versi artikel ini ? Yuk kita ulas satu – satu

1.Hagia Sophia

Siapa yang tak tahu dengan Hagia Sophia ?? Pada bulan lalu ada berita tentang di rubahnya Hagi Sophia menjadi sebuah masjid kembali oleh presiden turki Erdogan, yang menjadi pro – kontra di seluruh dunia. Hagia Sophia adalah sebuah bangunan gereja katedral ortodoks yang berlokasi di istanbul, turki. Tempat ini pun menjadi gereja yang palingbersejarah di turki, Kemudian Hagia Sophia dirubah oleh pasukan salib menjadi gereja katedral katolik roma . Lalu, pada tahun 1453 hingga 1931, Hagia Sophia dirubah menjadi masjid pada masa kekuasaan kesultanan Utsmani. Lalu, Hagia Sophia di jadikan museum pada bulan febriari tahun 1935 oleh turki sendiri. Nah, pada 2020 terdapat kabar yang mengagetkan bahwa Hagi Sophia dirubah kembali menjadi bangunan masjid oleh presiden turki, Erdogan. Mengapa demikian ? Karena keluarnya keputusan dari pengadilan turki bahwa Hagia Sophia di rubah menjadi museum adalah ilegal, jadi di rubah kembali menjadi masjid yang membawa pro kontra terhadap dunia terutama pada kaun nasrani. Gereja pertama yang di bangun ini di sebut juga dengan gereje agung, gereja pertama ini di resmikan pada tahun 360 SM. Gereja kedua di resmikan pada tahun 415, akan tetapi terjadi kejadian kebakaran yang menghanguskan sebagian daripada bangunan Hagia Sophia ini, tetapi ada beberapa bangunan yang selamat dari kejadian kebakaran tersebut, seperti relief 12 domba yang menggambarkan 12 rasul. Kemudian pada tahun 532, di bangunlah gereja ketiga karena ingin merancang bangunan yang lebih luas lagi. Hagia Sophia menjadi gereja yang di jadikan pusat kedudukan patriarki ortodoks konstatinopel. Lalu pada 1453 konstatinopel ini sukses di taklukan oleh utsmani dan di rubahlah Hagia Sophia menjadi masjid kekaisaran. Tetapi, meskipun begitu, keberadaan gereja kristen ortodoks tidak di hilangkan, melainkan tetapi di akui dan memberikan para non muslim untuk mengurus urusannya masing -masing.

2.Notre Dame

Apakah kalian tahu apa itu Notre Dame ?? Notre – Dame de Paris sebutan lengkapnya. Bangunan ini merupakan gereja katedral katolik yang ada pada abad pertengahan yang terletak di Paris, Perancis. Bangunan ini di dirikan pada 1160 dan selesai pada 1260. Apakah kalian tahu bahwa gereja bersejarah ini merupakan gereja yang paling sering di kunjungi di Paris lho, karena gereja ini juga di sebut dengan katedral uskup agung paris, tetapi pada 2019 Notre Dame mengalami kebakaran yang mengakibatkan menara utama dan atapnya runtuh total. Gaya arsitektur gereja ini pun menjadi sorotan, yaitu gaya gothic.

3.Gereja Katedral Trier

Gereja ini merupakan gereja katolik roma yang berada di jerman. Gereja ini pula di tetapkan menjadi situs warisan oleh unesco, dengan gaya arsitektur romanesque. Gereja ini pertama kali di bangun pada sekitar tahun 1235 atau sekitar tahun 1270, tahukah kamu bahwa gereja ini merupakan katedran yang paling tua di negara jerman ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *